Bulan Bumi

By Dio Alif Hutama On Monday, May 10 th, 2021 · no Comments · In

Kondisi bumi kini sudah sangat memprihatinkan. Problematika yang dihadapi bukan hanya tentang perubahan iklim, tapi juga pencemaran lingkungan, pembabatan hutan, kepunahan keanekaragaman hayati  menipisnya sumber daya alam dan masih banyak lagi. Namun belum ada upaya perbaikan yang sebanding dengan kerusakan yang terjadi. Menjaga bumi kini bukan pilihan, melainkan kewajiban yang harus kita lakukan agar kita bisa mengembalikan bumi kepada anak cucu kita. Karena hakikatnya bumi bukanlah warisan, namun titipan.

Bulan bumi merupakan proker yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia yang bertepatan pada tanggal 22 April setiap tahunnya. Tahun ini Bulan Bumi mengusung tema “This Time to Listen Our Earth; Saatnya Kita Mendengar Keluh Kesah Bumi dan Masalah di dalamnya” dengan serangkaian acara kegiatan mulai dari aksi #PulihkanBumi, Lomba Infografis, Lomba Video Opini, Nonton Bareng, hingga Webinar Bulan Bumi.

Kegiatan aksi #PulihkanBumi merupakan kegiatan mingguan melalui platform instagram bulan bumi. Kegiatan ini berupa postingan tentang 16 cara menyelamatkan bumi yang diunggah secara bertahap hingga kurun waktu satu bulan. Dimana setiap minggunya juga disertai pengimplementasian terhadap upaya penyelamatan bumi baik dari penitia sebagai contoh maupun anggota Himbio Unair. Postingan paling kreatif akan dinobatkan menjadi juara, dimana akan dipilih 2 orang juara tiap minggunya.

Selanjutnya pengadaan lomba infografis dan lomba video opini dimaksudkan agar kedua lomba ini juga membawa pengaruh agar senantiasa peduli, mengerti dan tentunya menjadikan edukasi bagi masyarakat yang masih awam menjadi lebih mengerti. Lomba infografis dan lomba video opini diselenggarakan dengan tingkat seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Lomba diikuti oleh berbagai partisipan dari seluruh pulau Jawa. Dari tiap peserta yang mengikuti lomba diambil 3 pemenang lomba Infografis, juara satu asal Universitas Airlangga juara 2 dan 3 asal Universiats Brawijaya dan 2 pemenang lomba video opini dimana Juara satu asal Universitas Airlangga dan Juara dua asal Universitas Veteran Yogyakarta.

Agenda ketiga dari bulan bumi adalah Nonton Bareng bulan bumi yang diselenggarakan tepat di hari bumi tanggal 22 April. Nobar kali ini mengangkat film Seaspiracy yang menguak tentang rusaknya ekosistem laut yang disebabkan oleh penangkapan secara besar-besaran dan cenderung tidak memikirkan dampak yang terjadi. Nobar terbuka untuk seluruh warga Himbio Unair

Acara terakhir dari kegiatan Bulan Bumi adalah Webinar Nasional terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat baik mahasiswa ataupun umum se Indonesia. Peserta diikuti oleh 145 orang dari berbagai daerah. Webinar nasional ini diselenggarakan tanggal 2 Mei 2021 dengan mengangkat tema “Belanja Online Belanja Plastik” dengan  pemateri dari Gerakan Indonesia Diet sampah Plastik yakni kak Rahyang Nusantara selaku koordinaor pusat IDDKP dan tentunya berdasarkan tema yang diangkat maka kami berkolaborasi juga dengan Founder dari Online thrift shop Bhoomi Tone kak Ajeng Trianingsih yang menjalankan bisnis onlinenya dengan prinsip Eco friendly.

Melalui serangkaian kegiatan ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan dapat melakukan aksi nyata sebagai   bentuk kontribusi terhadap lingkungan (Bumi). Yang terpenting adalah cinta dan peduli terhadap bumi tidak hanya dilakukan saat hari bumi namun juga setiap hari. Today is earth day karena setiap hari juga kita bergantung pada bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty