Halal Bihalal Himbio

By Prodi S1 Biologi Unair On Wednesday, June 23 rd, 2021 · no Comments · In
Kajian Halal Bihalal Himbio 2021

Bulan Syawal merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan, salah satunya sebagai momen yang tepat dalam menjalin silaturahmi dengan sesama. Silaturahmi merupakan amalan baik yang memiliki banyak manfaat antara lain dilapangkan rezeki dan dipanjangkan umurnya bagi orang-orang yang menyambung tali silaturahmi. Dalam rangka menyambung tali silaturahmi antar sesama, perlu kegiatan yang memberikan suatu momentum dan pembelajaran dengan kegiatan yang bermanfaat dan positif sebagai bentuk rasa syukur atas diberikannya kesempatan untuk saling memaafkan agar nantinya tercapai kehidupan yang aman, damai, dan tentram.

Halal Bihalal merupakan program kerja yang dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan bulan Syawal dan mempererat tali silaturahmi antarwarga, alumni, dan dosen program studi Biologi. Tahun ini Halal Bihalal dilaksanakan pada Sabtu, 29 Mei 2021 dengan mengusung tema “Menyemarakkan Semangat Syawal sebagai Momentum Meraih Kemenangan”. Kegiatan pada acara Halal Bihalal tahun ini dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama berupa kajian akbar dan sesi kedua berupa sharing bersama alumni Himbio.

Sesi pertama dari acara halal bihalal Himbio yaitu kajian akbar yang dapat diikuti oleh peserta umum. Sebelum menginjak ke acara inti yaitu kajian bersama ustadz, terdapat  beberapa sambutan yang turut menyemarakkan acara halal bihalal Himbio. Sambutan pertama diberikan oleh Ketua Pelaksana Halal Bihalal, kemudian sambutan berikutnya dari Ketua Himbio dan Ketua BEM FST Universitas Airlangga. Selanjutnya, terdapat sambutan dari Bapak dan Ibu Dosen Prodi Biologi yang  disampaikan oleh Bapak Hari Soepriandono, S.Si., M.Si., selaku Pembina Himbio dan Ibu Intan Ayu Pratiwi, S.Si., M.Si., yang mewakili Prof. Dr. Sri Puji Astuti Wahyuningsih, M.Si., selaku Koprodi Biologi Universitas Airlangga. Setelah serangkaian sambutan usai, tibalah pada acara inti yaitu Kajian Akbar Halal Bihalal Himbio yang disampaikan oleh Ustadz Marzuki Imron atau yang akrab disapa Ustadz Naruto. Pada kajian ini, Ustadz Marzuki Imron menyampaikan tentang keistimewaan dan amalan pada Bulan Syawal serta tanda kesuksesan Ramadan seorang muslim yang diwujudkan dalam semangat silaturahmi, konsistensi beribadah, dan perbaikan akhlak yang salah satunya dapat dilakukan dengan jalan menghindari ghibah.

Sharing Alumni Halal Bihalal HIMBIO 2021

Sesi kedua yaitu Sharing Alumni Halal Bihalal Himbio yang ditujukan untuk seluruh warga Himbio. Pada sesi kedua ini, peserta dibagi ke dalam tiga breakoutroom yang berisi dua sampai tiga alumni. Acara sharing dibuka oleh dua orang moderator tiap breakoutroom dengan alumni yang berasal dari angkatan 2015 dan 2016. Pada acara sharing alumni ini peserta banyak mendapat wawasan mengenai karir dan studi lanjut pascasarjana dari kakak-kakak alumni. Selanjutnya, peserta dan alumni kembali ke mainroom untuk bermain games. Pemenang yang beruntung akan mendapatkan reward dari panitia. Acara diakhiri dengan mengisi link kesan pesan bagi para peserta dan dokumentasi.

Dengan berakhirnya sesi kedua, maka serangkaian kegiatan halal bihalal Himbio tahun 2021 berakhir pula. Pada halal bihalal tahun ini, tampak antusiasme peserta melalui kesan dan pesan yang ditulis pada media yang telah disediakan oleh panitia. “Sangat menyenangkan mengikuti kajian dengan materi yang insightful, membuat adem hati dengan penyampaian yang santai. Para panita dan dosen juga sangat ramah dan welcome sehingga atmosfer meeting secara keseluruhan sangat nyaman,” ungkap Ni Kadek Ayu Alvina, salah satu peserta kajian akbar. Sementara itu, menurut salah satu kakak alumni, Kak Afifatur Rosidah, “Acara ini menjadi ajang temu kangen sama temen-temen, acaranya berlangsung dengan baik dan semoga kedepannya acara halal bihalal bisa lebih baik”. Selain itu, Bapak dan Ibu Dosen yang hadir pun turut menyampaikan kesan dan pesan mengenai acara halal bihalal Himbio 2021. Menurut Bapak Hari Soepriandono, “Acara halal bihalal ini penuh hikmah dan bermanfaat serta kedepannya diharapkan terus dilanjutkan forum silaturahminya”. Sedangkan menurut Ibu Tri Nurhariyati, “Banyak nasihat yang perlu diterapkan dalam kehidupan yang didapat dari kajian halal bihalal dan harapannya acara yang mengesankan ini bisa dilanjutkan tahun depan”. Melalui serangkaian kegiatan halal bihalal ini, peserta diharapkan dapat memanfaatkan momentum bulan Syawal untuk menjaga konsistensi ibadah, memperbaiki akhlak, dan mengoptimalkan silaturahmi dengan sesama tidak hanya di bulan Ramadan dan Syawal saja, tetapi hingga seterusnya. Selain itu, melalui sharing bersama alumni diharapkan dapat merekatkan silaturahmi antarwarga Himbio dan alumni sekaligus peserta dapat memanfaatkan momen ini untuk mempersiapkan diri untuk mengapai cita-cita dan kesuksesan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty