Himbio Mengajar

By Prodi S1 Biologi Unair On Monday, June 28 th, 2021 · no Comments · In

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia.  Karena Pendidikan memiliki tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia bagi pembangunan bangsa dan negara. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang diperlukan untuk menjalani kehidupannya. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menyebabkan perubahan dan pertumbuhan ke arah yang lebih kompleks. Dengan pendidikan seseorang dapat merasakan kebahagiaan dengan ilmu yang dimilikinya. Melalui pendidikan, manusia ditempa menjadi seorang pemikir dan dapat hidup bermasyarakat. Akan tetapi, hingga saat ini proses pendidikan di Indonesia belum berlangsung secara maksimal, terutama di pinggiran kota, sisi yang luput dari perhatian pemerintah. Oleh sebab itu, diperlukan kontribusi dari mahasiswa sebagai generasi pembangun bangsa. Melalui HIMBIO Mengajar, mahasiswa dapat membantu pemerintah dalam usaha pemerataan Pendidikan.

Himbio Mengajar merupakan salah satu program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Airlangga yang bertujuan untuk mengabdi kepada masyarakat terutama  pada anak-anak dengan media edukasi sebagai implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini juga untuk mengenalkan kelompok studi HIMBIO yaitu MSC (Microbiology Study Club), Botani, Herpetologi, Banyu, Insekta, BEC (Biologi English Club), dan Peksia kepada masyarakat luas. Kegiatan Himbio Mengajar dilaksanakan pada tanggal 14 maret 2020 di SD Tunas Jaya Surabaya, sebuah Sekolah Dasar (SD) Swasta yang berlokasi di Jl. Banyu Urip Jaya V/1 a Kota Surabaya, Jawa Timur.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan sebagai ajang untuk menyalurkan ilmu pengetahuan, sebagai salah satu bentuk pengabdian di masyarakat.. Seluruh rangkaian kegiatan mengajar dilakukan oleh panitia dan perwakilan dari  setiap kelompok studi untuk terlibat dalam beberapa kegiatan seperti berbagi pengetahuan, games dengan siswa SD Tunas Jaya Surabaya.

Pembukaan diawali oleh pembaca acara dan dilanjutkan sambutan oleh Kepala Sekolah SD Tunas Jaya Ibu Kustiani, sambutan Ketua HIMBIO 2020 Haikal Nur Hazazi,  dan sambutan Ketua Pelaksana Arga Wal Yudha. Selanjutnya pembukaan acara secara simbolis oleh mc kepada perwakilan siswa SD Tunas Jaya. Acara inti diisi dengan pembelajaran oleh perwakilan dari setiap kelompok studi untuk berbagi pengetahuan sesuai dengan bidang kelompok studi. Materi yang dibawakan menarik, santai, dan menyenangkan sehingga anak-anak tertarik akan materi yang diberikan. Konsep materi yang diberikan adalah belajar dan bermain sehingga dapat mengurangi kejenuhan dan menambah keantusiasan dalam belajar. Program Himbio Mengajar mendapatkan respon positif dari berbagai pihak terutama tenaga pengajar SD Tunas jaya dan siswanya. Semoga dengan adanya Himbio Mengajar memberikan pengalaman dan ilmu baru kepada mahasiswa untuk lebih peduli terhadap masyarakat khususnya dunia pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty