Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional IDEA#4

By Prodi S1 Biologi Unair On Tuesday, June 29 th, 2021 · no Comments · In

Laksana fenomena gunung es, bagian gunung yang tak terlihat oleh mata akan jauh lebih besar daripada bagian yang terlihat. Begitupun dengan kasus kekerasan maupun pelecehan seksual, jumlah kasus yang terjadi nyatanya jauh lebih besar daripada jumlah kasus yang dilaporkan. Hal ini mendorong Widyah Puspitasari mahasiswa Biologi angkatan 2018 dan 2 temannya dari lain fakultas Nilna Maulida FIB 2018 dan Husnu Hotimah FEB 2018 untung mengusung aplikasi pembelajaran edukasi seksual yang berbasis Virtual Reality yang dinamai VR Edusa (Virtual Reality Sexual). Aplikasi ini ditujukan untuk penyandang tunagrahita yang masih anak-anak karena mereka rentan sekali menjadi sasaran pelecehan seksual.

Konsep aplikasi dirancang selama dua bulan dan dikirim untuk mengikuti lomba kepenulisan yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional IDEA#4 yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta pada 17 April lalu. Lomba ini pasalnya memang memiliki tema mengenai media pembelajaran, untuk itu mereka ingin ngengusung media pembelajaran yang sesuai dengan kemajuan teknologi. Lomba diawali dengan mengumpulkan full paper kemudian mempresentasikan didepan 3 juri setelah lolos final. Dengan menekankan latarbelakang peningkatan kasus kekerasan seksual pada anak sangat tinggi sekali dan anak tuna grahita rawan akan kekerasan seksual dan sangat membutuhkan metode pembelajaran khusus terutama terkait pencegahan kekerasan seksual didampingi konsep aplikasi yang jelas, mereka berhasil menjadi juara 1 dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional tersebut.

Dalam penyusunan ide memang tidak selalu dituntut untuk membuat gagasan yang benar-benar baru, namun ketika gagasan sesuai dengan permasalahn dan memiliki peluang besar untuk diimplementasikan, hal ini memjadi poin plus dalam penilaian dan ketertarikan juri. Gagasan ini nantinya diharapkan tidak berhenti pada perencanaan konsep dan pembuatan mockup saja, tetapi bisa terus berlanjut ke tahap implementasi yang tentunya perlu bantuan dan sinergitas dari semua pihak, baik pemerintah, akademisi, dan yayasan SLB. Ditengah keadaan yang seperti ini, peran akademisi khususnya para generasi bangsa tentu perlu untuk memberikan sumbangsih berupa pemikiran dan gagasan dalam menyelesaikan masalah bangsa. Salah satu perubahan perubahan kecil yang bisa kita lakukan adalah melalui tulisan dan gagasan. Dengan mnjadi Juara 1 pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional IDEA#4 diharapkan bisa memotivasi mahasiswa Biologi lain untuk tetap semangat dalam berkarya dan juga berprestasi.

Penulis: Widyah Puspitasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty