Prestasi Mahasiswa Biologi di Tengah Pandemi dalam Kegiatan Kurator Hayati IBI-KOBI 2021

By Prodi S1 Biologi Unair On Saturday, July 03 rd, 2021 · no Comments · In

Database keanekaragaman hayati digunakan sebagai dasar untuk membangun indikator biodiversitas dalam mengukur status dan tren Biodiversitas Indonesia. Komite Indeks Biodiversitas Indonesia-Konsorsium Biologi Indonesia (IBI-KOBI) telah menyusun struktur database keanekaragaman hayati melalui kegiatan Kurator Hayati dalam Program Studi/ Proyek Independen – Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dilaksanakan pada November 2020 – Januari 2021. Program ini merupakan inisiatif kerjasama antara Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) dengan praktisi konservasi yang merupakan anggota Forum Komunikasi Konservasi Indonesia (FKKI), sebagai salah satu model pelaksanaan program MBKM. Acara Inagurasi Hasil Belajar Peserta Kurator Hayati dan pengumuman Kurator Hayati berprestasi disampaikan langsung oleh Prof. Dr. Suwarno Hadisusanto selaku anggota Komite IBI-KOBI. Kurator Hayati yang berprestasi tersebut dipilih ke dalam 2 kategori yaitu 5 besar individu dan 4 besar untuk kelompok.

Dua dari 5 individu berprestasi berasal dari Mahasiswa Biologi Universitas Airlangga. Putri Afin Nurhayati berhasil meraih peringkat kedua sebagai mahasiswa terbaik dengan skor 3986 dan juga Shela Melati Puspitasari sebagai mahasiswa terbaik peringkat ketiga dalam kegiatan Kurator Hayati 2021. Prestasi ini tentunya menjadi ajang untuk mengembalikan semangat khususnya pada mahasiswa biologi dalam kegiatan eksplorasi keanekaragaman hayati Indonesia. “Meskipun sepanjang kegiatan hanya dilakukan secara daring, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk terus belajar mengenal flora dan fauna Indonesia” ungkap Putri Afin Nurhayati yang kini sudah tercatat sebagai alumni Biologi Universitas Airlangga. Putri juga mengungkapkan kendala saat penyusunan database yang sangat susah mencari literatur karena keterbatasan akses ditengah pandemi Covid19. Ia berharap agar kedepannya terdapat lebih banyak kerjasama yang menghubungkan kurator dengan sumber-sumber informasi terkair KEHATI Indonesia.

Seusai kegiatan, setiap kurator juga mendapat beragam merchandise sebagai kenang-kenangan kegiatan kurator hayati 2021 berupa sertifikat, botol air minum, dan juga T-shirt yang dikirim langsung ke alamat masing-masing. Adapun hadiah uang penghargaan kepada mahasiswa terbaik.

Pada acara inti, Prof. Dr. Suwarno Hadisusanto selaku Komite IBI-KOBI mengumumkan kelulusan dan pengumuman para Kurator Hayati berprestasi. Tindak lanjut terhadap database IBI dari para kurator hayati yang sudah terbentuk yaitu analisis data dalam rangka pembangunan Indeks Biodiversitas Indonesia dan menginisiasi pengumpulan data data primer.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty