Festival KS 2021

By Prodi S1 Biologi Unair On Wednesday, July 14 th, 2021 · no Comments · In

Pada tanggal 5, 12, 19, dan 20 Juni 2021 telah berlangsung kegiatan Festival KS 2021 yang mengusung tema “Kelompok Studi Sebagai Peluang Masa Depan” dengan judul “Biology As Support System For Our Future”. Festival KS ini merupakan event perdana atau event pertama yang baru diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMBIO) Universitas Airlangga pada tahun ini. Event ini merupakan rangkaian kegiatan yang bekerja sama dengan Kelompok Studi Himbio Unair yang akan menjadi salah satu program kerja tahunan.

KS adalah Kelompok Studi sesuai bidang minat yang ada di Biologi terutama di Universitas Airlangga, antara lain Herpetologi (mempelajari tentang reptil dan amfibi), Peksia (mempelajari tentang ornitologi), Banyu (mempelajari tentang ekologi air), MSC (mempelajari tentang mikroorganisme), BEC (mempelajari tentang pendalaman berbahasa inggris), Insekta (mempelajari tentang serangga), dan Botani (mempelajari tentang tumbuhan).

Bentuk event FESTIVAL KS ini diselenggarakan secara online pada tanggal 5, 12, 19, dan 20 Juni 2021. Mekanisme acara seperti talk show dimana terdapat MC, 1 pemateri dan 1 moderator. Untuk moderator dan pemateri akan diambil dari perwakilan masing-masing KS. Untuk rincian dari kegiatan FESTIVAL KS ini yaitu ada pengenalan KS, penayangan video teaser KS. Untuk hari pertama FESTIVAL KS (5 Juni 2021) akan terdapat 2 KS, lalu hari kedua (12 Juni 2021) 3 KS, dan hari ketiga (19 Juni 2021) 2 KS. Dalam acara ini juga terdapat giveaway kesan pesan untuk peserta yaitu peserta diminta untuk menuliskan pesan dan kesan selama mengikuti kegiatan ini dan nantinya hal tersebut akan diundi pemenangnya. Lalu acara ini ditutup dengan acara Closing (20 Juni 2021), dalam acara ini akan ada penampilan Macaca dari Departemen SERA dan juga terdapat pengumuman KS Day terbaik pada bulan Mei, serta pengumuman pemenang giveaway kesan pesan peserta selama acara berlangsung.

Pada event Festival KS 2021 ini diisi oleh pemateri-pemateri yang berasal dari Alumni Biologi Univeristas Airlangga sendiri dan pada event ini akan diisi oleh pemateri yang berbeda untuk tiap harinya. Seperti pada hari pertama yaitu ada Talkshow bareng KS Banyu yang diisi oleh Mas Prigi Arisandi, S. Si, M. Si yaitu alumni S1 dan S2 Biologi Unair dan lulus pada tahun 2012 dan juga merupakan Excecutive Director ECOTON dan Talkshow bareng KS BEC diisi oleh mas Frendy Setyawan, S. Si yaitu alumni pada tahun 2016 dan juga bekerja sebagai Biology Teacher At Little Sun School & Part Time Researcher. Lalu pada hari kedua yaitu ada Talkshow bareng KS MSC yang diisi oleh Mas Eka Narendra Nuswantara, S. Si yaitu alumni pada tahun 2016 dan juga bekerja sebagai Staff Aplikasi PT. Saba Indomedika, lalu pada Talkshow bareng KS Insekta yang diisi oleh Mbak Etik Ainun Rohmah, S. Si, M. Ked. Trop yaitu alumni pada tahun 2009 dan bekerja di Laboratorium Entomologi dan Lembaga Penyakit Tropis, dan pada Talkshow bareng KS Peksia diisi oleh Mas Cipto Dwi Handono S. Si, M. Si yaitu alumni pada tahun 2007 dan juga merupakan Professional Birdwatcher sekaligus CO Founder Yayasan Ekologi Satwa Alam Liar Indonesia. Dan pada hari terakhir yaitu ada Talkshow bareng KS Herpetologi yang diisi oleh Mas Muhammad Farraz Syadzha, S. Si yaitu alumni pada tahun 2016 yang juga merupakan Ketua Herpetologi pada tahun 2018 lalu yang terakhir Talkshow bareng KS Botani yang diisi oleh Mbak Dewi Purnama Sari S. Si yaitu alumni pada tahun 2010 dan juga seabagai Pembudidaya Tanaman Hias.

Event ini diselenggarakan untuk umum dan untuk semua kalangan masyarakat. Seperti yang bisa dilihat kemarin sewaktu acara, banyak peserta yang juga mahasiswa dari universitas-universitas dari luar Unair, adapun alumni-alumni yang juga ikut serta dalam event ini. Dan juga dihadiri beberapa dosen dari Universitas Airlannga.

Walaupun pelaksanaan Festival KS tahun ini dilakukan secara online,  fakta tersebut tidak mengurangi antusiasme peserta dalam mengikuti acara ini. Untuk selanjutnya, diharapkan bahwa acara ini dapat terus berlanjut dan  mengalami peningkatan secara kualitas. Peningkatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Kelompok Studi Himbio Universitas Airlannga lebih luas hingga skala nasional.

Selain untuk memperkenalkan Kelompok Studi Himbio Universitas Airlannga lebih luas hingga skala nasional juga terdapat tujuan lain dari pelaksanaan Festival KS 2021, yakni menjadi sebuah tempat atau wadah utnuk membantu dan menambah pengetahuan mengenai apa saja yang dipelajari dari Prodi Biologi serta dapat memberikan insight baru kepada khalayak umum terutama Mahasiswa Biologi dalam prospek kerja setelah lulus. Lalu, terdapat tujuan lain yang tak kalah pentingnya yaitu memotivasi masyarakat untuk tetap peduli dengan sesame makhluk hidup dan lingkungan sekitar.

Pada Closing Festival KS pun ada kesan dan pesan dari dosen Pembina himbio Universitas Airlangga, Bapak Hari Soepriandono yaitu beliau mengatakan “Acara ini sangat berkesan dan sangat memberi banyak ilmu dan juga pengalaman. Mulai dari ilmu baru terkait masing-masing bidang, kita juga dapat pengalaman berkesan dari tiap pemateri. Saya berharap event Festival KS ini dijadikan event rutin tiap tahun. Selain untuk memperkenalkan Kelompok Studi milik Himbio Unair, kita juga bisa berbagi ilmu bermanfaat yang kita pelajari”. Dan juga banyak kesan dan pesan dari teman-teman mahasiswa universitas lain dan para alumni yang juga ikut serta dalam acara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty