HACCP 2021

By Dio Alif Hutama On Wednesday, September 08 th, 2021 · no Comments · In

Pada tanggal 14, 15, 21, dan 22 Juli 2021 telah berlangsung kegiatan HACCP 2021. HACCP merupakan event yang diselenggarakan secara rutin di setiap tahunnya oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMBIO) Universitas Airlangga. HACCP (Hazard Analisys and Critical Control Point) sendiri merupakan suatu sistem manajemen pengawasan dan pengendalian keamanan pangan dalam industri secara preventif yang bersifat ilmiah, rasional dan sistematis dengan tujuan untuk mengidentifikasi, memonitor dan mengendalikan bahaya (hazard) mulai dari bahan baku, kegiatan selama proses produksi/pengolahan, manufakturing, penanganan dan penggunaan bahan pangan untuk menjamin bahwa bahan pangan tersebut aman bila dikonsumsi. HACCP 2021 diselenggarakan untuk seluruh mahasiswa Universitas Airlangga. Seperti yang bisa diketahui selama acara berkangsung, banyak peserta yang berasal dari luar mahasiswa Biologi dengan bermacam-macam Angkatan, terdapat peserta dari FKH, FEB, FPK, dan lain-lain. Dengan keberagaman peserta tersebut, kami berharap bahwa interaksi dan ikatan antar mahasiswa di Universitas Airlangga makin menguat sehingga kedepannya mungkin dapat bekerja sama untuk melakukan project bersama.

 Tujuan diadakannya HACCP adalah sebagai simulasi pelatihan awal sebelum mahasiswa dapat mengikuti pelatihan HACCP yang sebenarnya. Karena proses dalam mendapatkan sertifikasi HACCP lumayan lama dan menghabiskan banyak biaya, maka kami memiliki inisiatif untuk membuat suatu event dimana mahasiswa dapat mengikuti simulasi pelatihan terlebih dahulu agar nanti saat telah mengikuti pelatihan sertifikasi HACCP yang sebenarnya, mahasiswa dapat bersikap luwes karena telah memiliki pengalaman sebelumnya. Narasumber dalam acara tahun ini adalah Bapak Drs. Agus Supriyanto, M. Kes. Beliau memiliki pengalaman dan ilmu yang berkaitan dengan sistem manajemen pengawasan dan pengendalian keamanan pangan dalam industri yang mumpuni.

Bentuk event HACCP 2021 ini diselenggarakan secara online selama 4 hari—pada tanggal 14, 15, 21, dan 22 Juli 2021—melalui platform Zoom Meeting. Mekanisme acara seperti webinar dimana terdapat 2 MC untuk memandu acara dan 1 narasumber untuk menyampaikan materi HACCP. Rincian kegiatan HACCP 2021 antara lain, pada hari pertama, tepatnya pada tanggal 14 Juli 2021, terdapat pembukaan dan pemutaran lagu Indonesia Raya, Hymne Airlangga, dan Hymen HIMBIO yang dipandu oleh MC. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Pembina HIMBIO, ketua HIMBIO, dan ketua pelaksana HACCP 2021. Setelah itu, peserta diarahkan untuk mengerjakan pretest selama 10 menit melalui gform yang telah disediakan dan dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait HACCP oleh Bapak Drs. Agus Supriyanto, M.Kes. selama 90 menit. Setelah penyampaian materi, terdapat FGD yang dilaksanakan melalui breakout room Zoom dengan dipandu oleh LO. FGD dilaksanakan dengan tujuan agar  terdapat interaksi dua arah antara peserta HACCP serta melatih peserta untuk dapat menyampaikan pendapat dan berdiskusi dengan orang lain. Kegiatan ini dilaksanakan selama 10 menit dengan 2 atau 3 kelompok dalam setiap breakout room. Kegiatan HACCP pada hari pertama ditutup dengan doa dan foto bersama yang dipandu oleh MC.

Gambar 1. Dokumentasi kegiatan HACCP 2021 pada tanggal 14 Juli 2021

Hari kedua HACCP—15 Juli 2021—diawali dengan pembukaan dan review materi HACCP pada hari pertama oleh MC dan dilanjutkan dnegan penyampaian materi HACCP oleh Bapak Drs. Agus Supriyanto, M.Kes. selama 90 menit. Setelah itu, terdapat FGD yang dilaksanakan melalui breakout room Zoom dengan dipandu oleh LO. FGD dilaksanakan dengan tujuan agar  terdapat interaksi dua arah antara peserta HACCP serta melatih peserta untuk dapat menyampaikan pendapat dan berdiskusi dengan orang lain. Kegiatan ini dilaksanakan selama 10 menit dengan 2 atau 3 kelompok dalam setiap breakout room. Pada hari kedua, juga dilaksanakan postest bagi para peserta HACCP dengan durasi waktu selama 10 menit melalui gform. Kegiatan HACCP pada hari kedua ditutup dengan doa dan foto bersama yang dipandu oleh MC.

Gambar 2. Dokumentasi kegiatan HACCP 2021 pada tanggal 15 Juli 2021

Pada hari ketiga, yaitu pada tanggal 21 Juli 2021, para peserta yang telah dibagi menjadi 12 kelompok melakukan presentasi studi kasus. Pembagian tugas mengenai studi kasus ini telah dilakukan oleh KSK dan di share oleh LO kepada peserta melalui WhatsApp Group satu minggu sebelum presentasi dilaksanakan. Urutan presentasi studi kasus adalah acak. Hal ini diharapkan mampu melatih kesiapan para peserta sejak awal. Presentasi studi kasus memiliki durasi waktu selama 25 menit untuk setiap kelompok, dengan rincian 15 menit digunakan untuk presentasi dan 10 menit sisanya adalah umpan balik atau tanggapan dari pemateri terkait presentasi yang telah dilakukan. Presetasi diawali oleh kelompok 3 dengan studi kasus keripik singkong, kemudian dilanjutkan oelh kelompok 8 dengan studi kasus keju Cheddar, lalu ada kelompok 9  dengan studi kasus Indomie: mie goreng instan. Selanjutnya ada kelompok 10 dengan studi kasus pickled gerkin, dan diakhiri oleh kelompok 7  dengan pembekuan loin ikan tuna di CV Cahaya Mandiri, Kegiatan HACCP pada hari ketiga ditutup dengan doa dan foto bersama yang dipandu oleh MC.

Gambar 3. Dokumentasi kegiatan HACCP 2021 pada tanggal 21 Juli 2021

Hari keempat HACCP, yaitu pada tanggal 22 Juli 2021, dilanjutkan dengan presentasi studi kasus oleh kelompok peserta yang tersisa. Sama seperti pada hari sebelumnya, presentasi studi kasus memiliki durasi waktu selama 25 menit untuk setiap kelompok, dengan rincian 15 menit digunakan untuk presentasi dan 10 menit sisanya adalah umpan balik atau tanggapan dari pemateri terkait presentasi yang telah dilakukan. Presetasi diawali oleh kelompok 4 dengan studi kasus the botol Sosro, kemudian dilanjutkan oelh kelompok 2 dengan studi kasus produk jamur tiram segar, lalu ada kelompok 11 dengan studi kasus frozen food: Sushimi. Selanjutnya ada kelompok 6 dengan studi kasus olahan produk susu pasteurisasi, dan diakhiri oleh kelompok 5 denganayam bakar bumbu herb. Kegiatan HACCP pada hari terakhir ditutup dengan doa dan foto bersama yang dipandu oleh MC.

Gambar 4. Dokumentasi kegiatan HACCP 2021 pada tanggal 22 Juli 2021

Setelah pelatihan HACCP selesai dilaksanakan, terdapat reward untuk para peserta HACCP dengan beberapa kategori, yaitu reward untuk 2 kelompok dengan presentasi terbaik, 2 peserta paling aktig di FGD, 2 peserta paling aktif bertanya kepada pemateri serta 3 peserta dengan pesan kesan terbaik. Walaupun pelaksanaan HACCp tahun ini dilakukan secara online, fakta tersebut tidak mengurangi antusiasme peserta dalam mengikuti acara ini. Untuk selanjutnya, diharapkan bahwa acara ini dapat terus berlanjut dan mengalami peningkatan secara kualitas sehingga makin banyak mahasiswa yang paham mengenai manajemen pengawasan dan pengendalian keamanan pangan dalam industry dan pengalaman yang didapatkan selama pelatihan HACCP dapat menjadi bekal bagi mahasiswa dalam mengikuti sertifikasi HACCP maupun melamar pekerjaan di suatu industri.

Gambar 5. After report dan pengumuman reward HACCP 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty