Mellya Rimadha Andra Wijaya, Wisudawan Terbaik S1 FST UNAIR Periode Maret 2022, IPK 3.94

By Prodi S1 Biologi Unair On Tuesday, March 08 th, 2022 · no Comments · In

Mellya Rimadha Andra Wijaya, Wisudawan Terbaik S1 FST UNAIR Periode Maret 2022, IPK 3.94

Assalamualaikum, salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Mellya Rimadha Andra Wijaya, akrab dipanggil Melly. Teman-teman mengenal saya dengan sosok yang aktif dan ceria. Sejak SMA saya sudah terbiasa dengan sistem pembelajaran SKS, karena di SMA saya diterapkan sistem tersebut. Ketika memasuki dunia perkuliahan, saya sudah tidak kaget dan terbiasa dengan sistem tersebut.  Sewaktu SMA, saya masuk kedalam kelas ekselerasi dan menjuarai olimpiade sains tingkat kabupaten bidang kebumian pada tahun 2017 dan 2018. Kebiasaan mendapatkan tuntutan belajar yang tinggi semasa SMA terbawa sampai kuliah. Sejak tahun pertama berkuliah di Unair, saya bertekad untuk mendapatkan IPK diatas 3,5. Allhamdulillah di semester pertama saya mendapatkan IPK 3,86 dan IPK ini selalu mengalami peningkatan tiap semester dan sempat mendapatkan IPS 4 pada semester 7. Tidak mudah untuk mempertahankan dan menaikkan IPK. Selain kebiasaan yang terbawa sejak SMA, hal yang memacu saya untuk berusaha mempertahankan dan menaikkan IPK tiap semester adalah mindset yang ditanamkan oleh orang tua yakni selalu menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin. Semasa SMA, saya sangat mengejar hardskill dan kurang mendalami softskill. Oleh karena itu, di perkuliahan saya mulai mendalami softskill-softkill yang berguna untuk pengembangan diri sendiri.

Selama berkuliah, saya aktif baik dalam kegiatan akademis maupun non akademis. Dalam kegiatan akademis saya sempat menjadi asisten dosen pada beberapa mata kuliah praktikum.  Tidak hanya hardskill, tetapi juga softskill yang saya asah selama perkuliahan. Saya aktif mengikuti beberapa organisasi di kampus. Saya mengawali perjalanan organisasi dengan menjadi staf personalia di Himpunan PS Biologi (HIMBIO) dan Jamaah Intelektual Mahasiswa Muslim (JIMM) pada tahun 2019. Allhamdulillah pada tahun kedua (2020) saya diamanahi sebagai wakil ketua HIMBIO. Menjadi wakil ketua HIMBIO menjadi suatu tantangan untuk saya dalam menyeimbangkan antara tuntutan akademik yang tinggi dan amanah yang diemban di organisasi. Tak berakhir pada lingkup jurusan, saya memberanikan diri untuk berorganisasi pada lingkup fakultas. Pada tahun ketiga, saya bergabung BEM FST 2021 sebagai sekretaris departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM).

Gambar 1. Kebersamaan dengan BEM FST 2021

Berbekal softskill yang saya punya, saya menjadi salah satu pemandu Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Pra-Tingkat Dasar (LKMM Pra-TD) yang membawakan materi keterampilan berkomunikasi serta pengembangan dan pengenalan diri secara daring.

Gambar2. Penyampaian materi keterampilan berkomunikasi oleh Mellya Rimadha pada LKMM Pra-TD

Gambar 3. Sertifikat pemateri LKMM Pra-TD

Aktif dalam organisasi tidak membuat saya lupa akan kewajiban saya sebagai mahasiswa. Meskipun terkadang sempat merasa kewalahan membagi waktu antara tugas kuliah dan tuntutan organisasi, namun pada akhirnya saya bisa menuntaskan studi dalam waktu 3,5 tahun dan menjadi wisudawan terbaik periode Maret 2022 dengan IPK 3,94.

Saya berharap selepas lulus dari Unair, saya tetap dapat membanggakan Universitas Airlangga dan Prodi S1 Biologi melalui pencapaian-pencapain saya selanjutnya. Saya dapat berkembang sampai di titik ini berkat dukungan dan doa dari kedua orang tua, bapak-ibu dosen, dan teman-teman sekalian.

Sumber: Mellya Rimadha Andra Wijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty