International Webinar: “Gearing Towards Sustainability Science & Technology in the Post Covid-19 Era” (After Report)

By Prodi S1 Biologi Unair On Thursday, July 21 st, 2022 · no Comments · In

International Webinar: “Gearing Towards Sustainability Science & Technology in the Post Covid-19 Era”

Gambar 1. Dokumentasi kegiatan

            Pada tanggal 14 Juli 2022, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga melaksanakan sebuah webinar internasional yang mengangkat tema “Gearing Towards Sustainability Science & Technology in the Post Covid-19 Era”. Seminar internasional ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara UiTM Perlis Malaysia dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga. Seminar ini berlangsung secara daring dan terbuka untuk masyarakat umum, khususnya bagi para mahasiswa, dosen, dan tenaga akademisi lainnya. Kegiatan ini  dilaksanakan sebanyak 2 sesi di tanggal yang sama dan masing-masing sesi berisi 3 breakout room yang meliputi 3 tema besar: biology, physics, dan chemistry. Melalui seminar internasional ini, dosen-dosen dari FST Universitas Airlangga dan UiTM Perlis Malaysia memberikan pemaparan berupa pandangan dan pengetahuan mengenai hal-hal apa saja yang dapat dipersiapkan oleh para saintis di era setelah pandemi Covid-19. International Webinar tahun 2022 ini menghadirkan 3 dosen dari UiTM Perlis Malaysia dan 3 dosen dari FST Universitas Airlangga. Pada kesempatan ini juga, dosen-dosen dari kampus lain seperti Universitas Islam Riau (UIR) dan NUST sebagai guest speaker dalam kegiatan seminar internasional ini.

            Berbagai topik menarik diangkat oleh para dosen pembicara pada webinar internasional ini, khususnya yang membahas mengenai persiapan-persiapan apa saja yang diperlukan dalam menghadapi era post Covid-19.  Sebagai contoh Prof. Bambang Irawan dari Departemen Biologi FST Universitas Airlangga yang mengangkat topik mengenai perbedaan populasi burung di kawasan mangrove Surabaya pada masa pandemi dan sebelum pandemi. Prof. Bambang memaparkan bahwa populasi burung mengalami peningkatan di masa pandemi dibandingkan di masa-masa sebelum pandemi. Prof. Bambang juga mengungkapkan hipotesis mengenai adanya fenomena tersebut disebabkan karena berkurangnya gangguan dari manusia pada masa pandemi, sehingga populasi burung di kawasan mangrove Surabaya meningkat. Prof. Win Darmanto, salah satu dosen biologi yang juga diundang dalam webinar internasional tersebut, mengangkat topik mengenai pemanfaatan ekstrak OCRA merah yang merupakan senyawa anti-kanker dan anti-inflamasi. Selain itu, terdapat pula dosen dari UiTM Malaysia yang memberikan kuliah terkait dengan polinasi pada tanaman yang dapat menyebabkan suatu tanaman berevolusi dan menghasilkan bunga dengan bentuk yang spesifik sehingga hanya dapat dimasuki oleh serangga dengan bentuk tertentu.

            International Webinar ini tentunya memberikan banyak manfaat, terutama bagi para peserta yang hadir dalam webinar tersebut. Pada webinar ini disampaikan berbagai teknologi yang terkait dengan pengentasan permasalahan yang berhubungan dengan pandemi Covid-19 dan berbagai fenomena yang terkait dengan pandemi. Seminar ini juga sebagai inisiasi kegiatan joint collaboration antara UiTM Perlis dengan FST Universitas Airlangga. Harapannya, kedua universitas ini dapat saling meningkatkan kerja sama dengan mengadakan kegiatan-kegiatan kolaborasi lainnya seperti pertukaran pelajar, baik S1, S2, dan S3, pertukaran dosen, kerja sama penelitian, dan bentuk-bentuk kerja sama lainnya.

Gambar 2. Pemaparan materi

Gambar 3. Pemaparan materi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty