Universitas Airlangga Academic Lecture “Application of Biotechnology for Plants Improvement”

By Prodi S1 Biologi Unair On Saturday, November 05 th, 2022 · no Comments · In

Universitas Airlangga Academic Lecture “Application of Biotechnology for Plants Improvement”

Gambar 1. Dokumentasi acara

            Pada tanggal 2 November 2022 dilaksanakan seminar dan Academic Lecture dengan tema “Aplikasi Bioteknologi untuk Budidaya Tanaman”. Pada kegiatan ini, Departemen Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga mengundang 3 pembicara yang ahli dalam bidangnya, yaitu Dr. Elisa Azura Azman dari Department of  Crop Science, Faculty of Agriculture, Universiti Putra Malaysia, Dr. Ranjith Papareddy dari The Gregor Mendel Institute of Molecular Plant Biology, Austria, dan Dr. Hadi Lanang Putra dari Department of Plant Sciences, University of Cambridge, UK. Seminar ini berlangsung secara daring dan dihadiri oleh sekitar 69 peserta. Seminar internasional ini ditujukan untuk masyarakat umum, khususnya akademisi yang terkait di bidang bioteknologi tanaman. Di seminar ini juga menghadirkan perwakilan-perwakilan dari beberapa institusi Indonesia, seperti UGM, Universitas Hasannudin, BRIN, dan lain sebagainya.            

Sesuai dengan tema yang seminar, ketiga pembicara yang diundang dalam kegiatan tersebut memaparkan berbagai aplikasi di bidang bioteknologi untuk mengembangkan produktivitas tanaman. Dr. Elisa memberikan presentasi terkait dengan pengolahan lahan gambut di Malaysia agar lahan tersebut bisa menjadi lebih produktif dan bisa ditanami berbagai komoditas, terutama padi. Dr. Elisa menyampaikan beberapa cara dan treatment yang efektif untuk mengatasi permasalahan yang kerap terjadi di pertanian lahan gambut sehingga tanah tersebut dapat digunakan untuk budidaya tanaman padi. Dr. Ranjith memberikan kuliah mengenai epigenetika, sebuah cabang ilmu yang baru berkembang sekitar 10 tahun terakhir, terkait dengan modifikasi DNA untuk mengubah karakter dari suatu tanaman. Dr.Ranjith menyampaikan beberapa cara untuk melakukan modifikasi ekspresi gen dari suatu DNA tanpa mengubah sekuens dari DNA tersebut yang kemudian dapat diterapkan pada tanaman untuk kepentingan budidaya dan pemuliaan suatu tanaman. Sedangkan Dr. Hadi Lanang Putra menyampaikan topik mengenai cara-cara penerapan epigenetika untuk mengubah dan memperbaiki karakter dari tanaman tomat agar tanaman tomat tersebut bisa menghasilkan hasil panen yang lebih produktif. Dr. Hadi menyampaikan teknik-teknik pengubahan metilasi DNA dari tanaman tomat sehingga tomat tersebut dapat memberikan hasil panen yang lebih berkualitas.

Gambar 2. Pemaparan Materi oleh Dr. Elisa

Gambar 3. Pemaparan Materi oleh Dr. Ranjith

            Dengan adanya seminar yang mengundang pemateri-pemateri dari berbagai universitas unggulan di dunia ini dimaksudkan agar internasionalisasi di Universitas Airlangga, khususnya di Fakultas Sains dan Teknologi, dapat berjalan dengan baik. Adanya kerja sama internasional ini juga diharapkan mampu membuka kesempatan kolaborasi antar Universitas Airlangga dengan institusi-institusi terbaik di dunia. Dengan adanya kesempatan kolaborasi ini, harapannya pihak akademisi dari Universitas Airlangga, khususnya Fakultas Sains dan Teknologi, dapat mengirimkan mahasiswa maupun stafnya untuk mengikuti program pertukaran dan kerja sama penelitian di universitas-universitas terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty