Kelompok Studi PEKSIA

By Prodi S1 Biologi Unair On Monday, December 12 th, 2022 · no Comments · In

Kelompok Studi PEKSIA

         Kelompok studi PEKSIA merupakan kelompok studi di Program studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya yang berfokus dalam bidang Ornitologi ( burung). Kelompok Studi PEKSIA pada tahun 2022 ini telah melaksanakan kegiatan P3L ( Pelatihan dan Pengembangan Penelitian Lapangan) di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal 24 sampai 28 Juli 2022.

         Nama kelompok yang maju dalam kegiatan P3L 2022 adalah Kelompok Penelitian Halcyon, dimana Halcyon merupakan nama salah satu species burung yaitu cekakak. Burung cekakak memiliki ciri khas suara yang sangat keras dan memiliki warna yang mencolok sehingga mudah sekali untuk diamati.

        Kegiatan yang dilakukan selama di Baluran adalah penentuan stasiun pengamatan, mengamati burung pada waktu pagi dan sore hari, serta mengidentifikasi data burung yang didapatkan. Lokasi yang diambil KP Halcyon adalah hutan pantai bama, jalur bsp, dan hutan musim gugur savana bekol. Selama di Baluran, seluruh peserta menginap di Baluran Research Station. KP Halcyon menemukan banyak sekali spesies burung dari yang mulai sering ditemukan sampai spesies yang dilindungi.

        Pada tanggal 10 September, terdapat kegiatan seminar hasil P3L di ruang 320 A dan 320 B Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga. KP Halcyon memaparkan terkait kegiatan yang telah dilakukan serta data- data yang didapatkan. Dalam kegiatan P3L ini, KP Halcyon meraih juara 2 KP Terbaik. Berikut merupakan sedikit dokumentasi dari KP Halcyon dari KS PEKSIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty