HIMBIO VISITING

By Prodi S1 Biologi Unair On Friday, August 11 th, 2023 · no Comments · In

HIMBIO VISITING

Himbio Visiting 2023 adalah kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Airlangga untuk mewadahi warga dan pengurus untuk berlatih bagaimana melakukan sampling hingga melakukan penelitian, serta dilakukan seminar proposal sebelum dilakukan penelitian dan seminar hasil setelah penelitian dilakukan. Kegiatan Himbio Visiting 2023 dilakukan di Taman Nasional Meru Betiri selama lima hari. Mekanisme kegiatan ini dibentuk beberapa Kelompok Penelitian (KP) yang didampingi oleh dosen pembimbing, kemudian rencana penelitian dilaporkan pada saat seminar proposal, kemudian dilakukan penelitian di Taman Nasional Meru Betiri, dan terakhir dilakukan seminar hasil penelitian pada seminar hasil.


Tujuan dari kegiatan ini dapat memberikan kesempatan kepada seluruh warga untuk merasakan bagaimana latihan melakukan sampling yang dilakukan di Taman Nasional, sebagaimana sampling merupakan kegiatan yang tidak akan lepas jauh dari program studi biologi dan dilakukan di Taman Nasional karena kawasan tersebut masih sangat alami akan Sumber Daya Alam dan kondisinya masih belum banyak tersentuh oleh manusia. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh warga Himpunan Mahasiswa Biologi, Dosen Biologi Universitas Airlangga, dan Laboran Biologi Universitas Airlangga.


Kegiatan Himbio Visiting ini melibatkan beberapa pihak diantaranya ada panitia dari warga Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Airlangga Angkatan 2021 dan 2022, kemudian ada juga pihak pengurus Taman Nasional Meru Betiri. Pada hari pertama, peserta dan panitia berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng Baru pada pukul 05.30 WIB dan sampai di Stasiun Kalisetail pada pukul 11.20 WIB, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan truk selama kurang lebih 5 – 6 jam dan sampai di Sukamade tempat melakukan sampling. Pada hari kedua, seluruh peserta melakukan tracking untuk menentukan lokasi dan jalan mana saja yang akan digunakan untuk sampling dan ada beberapa KP yang melakukan sampling langsung. Pada hari ketiga dan keempat seluruh peserta melakukan sampling, namun pada hari keempat seluruh peserta mendapat kesempatan untuk melepas tukik. Pada hari kelima, seluruh peserta dan panitia melakukan perjalanan pulang mulai pada pukul 07.00 – 15.00 sampai di Desa Sarongan. Kemudian, melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api dari Stasiun Kalisetail dan sampai di Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 22.45 WIB.

Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan output berupa penerbitan jurnal hasil penelitian dari KP yang mengikuti kegiatan ini dan menambah pengalaman sampling serta menyusun laporan bagi seluruh peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty