Moch. Aqilah Herdiansyah Peraih Silver Medal Award di International Arau Creativity Expo (ACE 2023)

By Prodi S1 Biologi Unair On Thursday, August 24 th, 2023 · no Comments · In

Moch. Aqilah Herdiansyah Peraih Silver Medal Award di International Arau Creativity Expo (ACE 2023)

Indonesia merupakan negara biodiversitas dengan beragam flora dan fauna yang mampu hidup didalamnya. Berbagai sektor yang berhubungan dengan biodiversitas flora dan fauna ini berkembang dengan baik di Indonesia, salah satunya adalah sektor kelautan.

Sektor kelautan mengalami peningkatan produksi hasil laut setiap tahunnya. Cumi-cumi (Loligo sp.) yang merupakan salah satu komoditas ekspor hasil laut mengalami peningkatan ekspor, yaitu dari 143.847.343 kg di tahun 2019 menjadi 193.790.380 kg di tahun 2020. Seluruh bagian tubuh Loligo sp., kecuali endoskeleton. Limbah endoskeleton tersebut mengandung senyawa kitin dan kitosan yang memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang baik. Selain itu, kombinasi hasil laut lain seperti Chlorella vulgaris dengan Loligo sp. dalam pembuatan hand sanitizer sangat cocok dilakukan. Hal ini dikarenakan sifat antioksidan yang dimiliki Chlorella vulgaris yang bermanfaat untuk melindungi kulit manusia dari berbagai macam penyakit kulit. Kultur Chlorella vulgaris mudah untuk dilakukan dan dapat menghasilkan lebih banyak biomassa sehingga dapat membantu mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

Oleh karena itu, Moch. Aqilah Herdiansyah selaku mahasiswa S1-Biologi Universitas Airlangga tertarik untuk meneliti terkait dengan kombinasi Chlorella vulgaris dan endoskeleton dari Loligo sp. menjadi sebuah handsprayer yang ramah lingkungan. Dalam kesempatan ini, International Arau Creativity Expo (ACE 2023) mengadakan acara pertemuan dan inovasi para peneliti dunia. Moch. Aqilah Herdiansyah bersama 6 rekan lainnya pun mengikuti acara ini. Pada acara ini, saya mendapatkan keberuntungan berupa Silver Medal Award untuk inovasi “CoLD-Spray.” Produk ini memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri yang dapat diaplikasikan baik pada tangan maupun permukaan objek. Harapannya, dengan adanya produk ini dapat membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan tubuh utamanya dari sinar UV dan bakterial yang ada pada obyek sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty