Sumber : Dokumentasi Pribadi

Sauria, Merupakan suatu panggilan ciri khas kami yang terpesona dengan keindahan reptil. Tentunya, sebagai pecinta herpetologi kami melaksanakan kegiatan di alas purwo sangat menyenangkan. Terlebih, di Taman Nasional Alas Purwo terdapat banyak keindahan dan juga masih terdapat spesies yang masih dalam Kategori IUCN. Bagi kami selama di Taman Nasional Alas Purwo, kami merasa berada di surga tersembunyi untuk petualangan. Hutan tropis yang gersang ini menyimpan kekayaan herpetofauna yang luar biasa, dari kadal pohon yang lincah hingga ular berbisa yang siap menyerang.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Dengan peralatan sederhana, kami menyusuri labirin semak belukar, menelusuri aliran sungai, bahkan menyelam ke rawa-rawa untuk menemukan spesies yang kita tuju (Biawak, Ular, dan kadal). Meskipun begitu kami tetap harus berhati-hati menghadapi bahaya, seperti ular berbisa, semangat para sauria tak pernah luntur. kami terpesona dengan keindahan dan keunikan makhluk-makhluk yang kami temui, Setiap kali kami menemukan seekor kadal pohon yang lincah atau seekor ular dengan corak unik, sorak-sorai penuh semangat langsung membahana. Bagi kami, jika berhasil menemukan hewan yang kita cari sangat menyenangkan. Disini kami tidak sekedar berburu, melainkan kami juga mengelola data dan mencari informasi yang tentunya akan berguna untuk peneliti lain yang akan menginjakkan kaki di Taman Nasional Alas Purwo.

Bagi kami, menyaksikan antusiasme Sauria adalah sebuah pengalaman yang akan membekas di ingatan. Sauria tidak hanya menemukan kepuasan intelektual, namun juga ketenangan batin saat menyatu dengan alam. Petualangan di Taman Nasional Alas Purwo menjadi kenangan yang tak terlupakan.