Capaian Pembelajaran

  1. Menunjukkan sikap religius dan berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menegakkan nilai-nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Mampu menginternalisasi nilai-nilai akademik, norma, dan etika;
  4. Mampu bertindak sebagai warga negara yang bangga dan mencintai tanah air, memiliki nasionalisme dan tanggung jawab terhadap negara dan bangsa;
  5. Mampu menghargai keragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan asli orang lain;
  6. Mampu berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup dalam masyarakat, bangsa, negara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  7. Mampu bekerja sama dan memiliki sensitivitas sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Mampu patuh pada hukum dan disiplin dalam kehidupan sosial dan negara;
  9. Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan;
  10. Mampu menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan dalam bidang keahliannya secara mandiri;
  11. Mampu mewujudkan keunggulan berdasarkan moralitas agama (keunggulan dengan moralitas).
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Kemampuan menganalisis implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni dalam bidang keahliannya, berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah, prosedur, dan etika, yang memungkinkan untuk mengembangkan solusi, ide, desain, atau kritik seni dan menyusun laporan tesis atau proyek akhir dengan menyusun deskripsi ilmiah dari hasil studi mereka.
  3. Mampu membuat keputusan yang tepat dalam konteks pemecahan masalah dalam bidang keahlian biologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  4. Kemampuan mengelola pembelajaran secara mandiri;
  5. Kemampuan mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, rekan kerja, dan teman sejawat di dalam dan di luar institusi.
  1. Mampu menyajikan alternatif solusi dalam memecahkan masalah terkait pengelolaan sumber daya biologis dan lingkungan secara berkelanjutan melalui aplikasi pengetahuan yang relevan, metode biologi, dan teknologi sebagai dasar untuk membuat keputusan yang tepat.
  2. Mampu mengaplikasikan biologi dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang bermanfaat bagi masyarakat, dengan penekanan pada kesehatan dan lingkungan.
  3. Mampu mengelola sumber daya biologis dan lingkungan dalam bidang tertentu.
  4. Mampu melakukan penelitian mandiri di laboratorium dan lapangan, serta terampil dalam menangani organisme.
  1. Mampu mengevaluasi keanekaragaman hayati di Indonesia sesuai dengan kunci penentuan dengan benar;
  2. Mampu menjelaskan fenomena alam berdasarkan prinsip-prinsip biologi (universalitas, evolusi, keragaman, kontinuitas, homeostasis, interaksi) dengan benar;
  3. Mampu menghubungkan fenomena yang terjadi pada organisme dan interaksi dengan lingkungan berdasarkan prinsip-prinsip dan studi MIPA (matematika, fisika, dan kimia) dengan benar;
  4. Mampu menyediakan dasar pengetahuan yang kuat tentang Matematika dan Ilmu Alam dalam kaitannya dengan ilmu kehidupan;
  5. Mampu memberikan pengetahuan dasar tentang molekuler, seluler, dan organisme;
  6. Mampu menyediakan pengetahuan yang relevan tentang masalah keselamatan dan lingkungan, termasuk hukum dasar terkait hukum terkait;
  7. Mampu memberikan argumen ilmiah biologi dan teknologi terkait dari tingkat seluler hingga molekuler sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan;
  8. Mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip biologi (botani, ekologi, mikrobiologi, zoologi) sesuai dengan prinsip ilmiah yang benar;
  9. Mampu menggunakan peralatan laboratorium sesuai dengan SOP dengan benar dan tepat.